Intip Cara Bijak Orang Tua Ingatkan Anak Kelola Dunia Online

Dunia Maya menawarkan masyarakat bermacam-macam kemudahan. Anda dapat dengan gampang mengakses cara memasak sesuatu yang awalnya Anda anggap sulit. Lain waktu, Anda bahkan dapat dengan gampang menanyakan beraneka pertanyaan yang masih mengganjal di pikiran Anda. Lalu, Anda pun dapat memastikan aktivitas terbaik Anda dengan anak kamu.

Dengan beragam kebaikan yang ditawarkan internet, rupanya internet malahan dapat memberitahu Anda serta keluarga Anda seputar beraneka info yang angker. Panduan bunuh diri, beraneka konten pornografi, atau pun isu-kabar bohong yang bertebaran di dunia online bisa dengan mudah diakses Anda dan anggota keluarga kamu.

Menjaga anak-anak selalu aman ketika mengakses internet menjadi salah satu problem yang orangtua alami sampai sekarang. Tak sedikit yang tak bisa melacak web-laman mana atau apa saja yang anak-anak mereka lakukan ketika online. Cek pula info terupdate mengenai anak di mainan anak.

Ahli keamanan di Intel yang mempelajari 13.000 orang di seluruh dunia menyimpulkan bahwa dari 79 % orang tua yang kuatir tentang keamanan dikala anak mereka online, hanya 60 % yang benar-benar dapat melacak riwayat laman anak mereka. Berikut kiat dari Intel untuk ayah dan bunda:

1. Mulailah melakukan percakapan.
Kalau kamu mulai berbincang-bincang tentang keamanan online sejak permulaan pada anak, maka hal ini akan membikin pekerjaan kamu lebih mudah ketika anak-anak Anda tumbuh dewasa.

2. Beri model yang bagus
Amat gampang bagi kamu terjebak menghabiskan banyak waktu pada perangkat dan anak-anak dapat mencontoh perilaku itu. Oleh karena itu, contohkanlah hal positif umpamanya mengatur waktu kamu menjelajah jaringan sosial saat di rumah serta meletakkan telpon seluler dikala makan malam dan waktu bersama keluarga.

3. Jauhkan dampak asing
Sebagian besar anak-anak sudah mengaplikasikan perangkat dari usia dini, sehingga beresiko membikin mereka berinteraksi dengan predator sosial atau orang membahayakan yang menyamar sebagai remaja. Ingatkan anak-anak bahwa siapa pun bisa membuat profil dan minta pertemanan.

4. Kendalikan jaringan internet di rumah Anda
Jaringan dunia online di rumah adalah penghubung semua perangkat kamu. Sebaiknya, kontrolah akses internet di rumah Anda.